Penyebab Terjadinya Lidah Pecah-pecah dan Tips untuk Menanganinya

SehatFresh.com – Lidah merupakan indra perasa yang dapat merasakan berbagai jenis rasa seperti asam, asin, manis, pahit, pedas dan lain sebagainya. Salah satu tanda gejala bahwa kondisi kesehatan tubuh sedang mengalami gangguan yaitu lidah mengalami pecah-pecah. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan menurunnya nafsu makan anda pada saat dalam kondisi tidak sehat. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya lidah pecah-pecah diantaranya :

  1. Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Pada saat terjadinya penurunan sistem kekebalan tubuh pada umumnya lidah akan berpotensi mengalami kondisi pecah-pecah. Hal dikarenakan terjadinya gangguan autoimun yang mengakibatkan lidah pecah atau retak disetiap lekukan sisi permukaan lidah. Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi apabila makanan atau zat tertentu terselip di dalam lekukan lidah yang retak akan terasa perih.

  1. Asupan vitamin C yang kurang

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menekan pertumbuhan jamur pada lidah yang dapat mengakibatkan lidah pecah atau retak. Selain itu asupan vitamin C yang kurang dapat mengakibatkan terhambatnya proses sintesis kolagen. Kegagalan proses tersebut dapat ditandai dengan gusi berdarah, adanya purpura dan perdarahan pada kulit.

  1. Sariawan

Sariawan merupakan suatu kondisi dimanaterjadinya luka pada selaput lendir mulut dengan bentuk cekung pada permukaan. Kelainan ini biasanya luka akan berwarna putih kekuningan. Sariwan dapat terjadi pada rongga mulut sekitar bibir, dan permukaan lidah. Apabila terjadi sariawan disekitar lidah maka dapat beresiko terjadinya retak atau pecah di lidah.

  1. Kanker lidah

Kanker lidah biasanya ditandai dengan adanya retak atau pecah pada lidah. Apabila anda mengalami hal ini yang tidak kunjung sembuh maka anda harus segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter agar segera mendapatkan penanganan.

  1. Kelainan lidah

Lidah pecah-pecah dapat disebabkan oleh kondisi kelainan pada lidah yang disebut dengan lidah geografis. Kondisi ini terjadinya karena hilangnya filiform papila lidah yang menimbulkan bercak pada lidah.

  1. Penyebab lain

Penyebab lain terjadinya lidah pecah-pecah yaitu stres, sering mengerat gigi, mengkonsumsi makanan pedas dan panas. Selain itu kekurang gizi dapat mengakibatkan lidah pecah-pecah.

Setelah membahas mengenai penyebab lidah pecah-pecah. Apabila anda sudah terlanjur mengalami hal tersebut sebaiknya anda harus segera melakukan penanganan untuk mengatasinya agar tidak berujung kepada keadaan yang semakin parah. Berikut ini beberapa cara mengatasi bibi pecah-pecah, diantaranya yaitu :

  1. Konsumsi vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai zat yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C di anggap mampu mempercepat proses penyembuhan pada saat seseorang sedang mengalami beberapa gangguan kesehatan. perbanyak konsumsi buah dan sayur seperti jeruk, tomat, strowberry dan lain-lain.

  1. Mengoleskan madu

Cara kedua untuk mengatasi lidah pecah-pecah yaitu dengan mengoleskan madu di lidah. Karena madu telah dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi beberapa keluhan gangguan kesehatan.

  1. Perbanyak minum air putih

Dalam sehari setiap orang dewasa minimal mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Air putih dapat dijadikan slah satu alternatif untuk mengatasi masalah lidah pecah-pecah.

  1. Memeriksa kondisi ke dokter

Apabila anda telah berupaya melakukan penangan lidah pecah-pecah secara alami tidak membuahkan hasil yang maksimal. Sebaiknya anda harus segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter spesialis mulut. (KMY)

Original Article