Perbedaan Dari Melahirkan dengan Bantuan Bidan dan Bantuan Dokter Kandungan

SehatFresh.com – Semakin tua kehamilan anda, pasti semakin banyak juga persiapan yang harus dilakukan dan cukup merepotkan. Seperti menyiapkan baju untuk sang bayi dan yang cukup membingungkan juga yaitu dimana dan siapa tempat melahirkan yang dianggap aman untuk kondisi bayi yang akan dilahirkan.

Soal memutuskan penolong saat kelahiran tidak hanya membuat ibu hamil muda saja yang bingung tapi bagi wanita yang melahirkan anak kedua atau ketigannya bisa saja masih bingung. Sebab ada yang mengatakan lebih baik melahirkan di bidan dan ada yang sebaliknya lebih baik melahirkan di dokter kandungan.

Pada prinsipnya dokter kandungan atau bidan melakukan prosedur yang sama saat menolong pasiennya yang hendak melahirkan. Tapi ada beberapa hal yang memang membedakan dari kedua profesi tersebut. Sehingga mungkin anda merasakan adanya perbedaan dari kedua profesi tersebut. Agar lebih jelas, berikut akan dijelaskan perbedaan melahirkan dengan dibantu bidan dan dengan bantuan dari dokter:

  1. Pendidikan dan kompetensi atau kemampuan

Dokter kandungan menjalani dua proses pendidikan yaitu pertama pendidikan ilmu kedokteran umum dan selanjutnya melanjutkan spesialis di bidang kehamilan dan kelahiran. Sehingga mereka memiliki ketrampilan lebih yaitu melakukan operasi jika diperlukan. Berbeda dengan bidan yang hanya belajar tentang kehamilan dan kelahiran sehinngga kurang pengetahuan tentang pembedahan atau operasi. Jadi mungkin pelayanannya akan sedikit berbeda dari dokter atau bidan.

  1. Pertimbangan melahirkan normal dan caesar

Seperti yang telah diijelaskan di atas bahwa dokter memiliki kemampuan melakukan operasi. Jika kondisi pasien memiliki tanda-tanda harus dilakukan caesar maka dokter akan melakukan operasi pada pasien. Berbeda dengan bidan yang biasanya akan mempertimbangkan pasien melahirkan dengan normal karena tak dapat melakukan operasi. Jika pasiennya membutuhkan tindakan operasi maka akan dirujuk ke dokter.

  1. Akses layanan

Untuk akses layanan melahirkan. Jika anda tipe orang yang malas pergi jauh atau tidak tahan lagi menahan proses kelahiran karena sudah sering kontraksi maka akan lebih mudah melahirkan dengan bidan, karena rumah bidan biasanya ada di setiap desa dan dekat dengan rumah anda dibanding akses yang jauh dengan dokter yang mana harus menuju rumah sakit yang biasanya ditemukan di daerah kecamatan atau kota besar.

  1. Kenyamanan

Yang paling penting dalam proses melahirkan adalah kenyamanan. Saat memutuskan siapa penolongnya, anda tak perlu gengsu. Jika dianggap kondisi janin aman maka bisa dengan bidan. Jika ada beberapa hal yang memungkikan keadaan bayi berbahaya maka lebih tepat dengan dokter. Karena rasa nyaman bergantung dari diri anda, anda lebih nyaman dengan bidan atau dokter tapi sebaiknya perhatikan kondisi janin. (DKA)

Original Article