Periksa ke Dokter Langganan Keluarga, Rahasia Hidup Sehat yang Sering Disepelekan

Periksa ke dokter adalah pilihan yang tepat untuk mengobati penyakit bila tidak mempan dengan obat-obatan rumahan. Nah, apakah Anda memiliki seorang dokter yang sudah jadi langganan keluarga? Atau Anda selalu gonta-ganti dokter setiap kali punya keluhan kesehatan?

Sebenarnya tidak ada yang salah dari kedua pilihan tersebut. Hanya saja, ternyata ada manfaat yang jauh lebih baik untuk kesehatan dalam jangka panjang bila Anda punya dokter yang sama untuk mengecek kesehatan Anda daripada harus gonta-ganti.

Selalu periksa ke dokter yang sama bisa bantu menjaga kesehatan Anda

klaim asuransi kesehatan periksa ke dokter sakit penyakit ciri gejala

Beruntunglah Anda yang telah memiliki dokter tetap untuk mengecek kondisi Anda setiap kali sakit, ataupun saat melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Kemungkinan Anda untuk dapat hidup lebih lama pun akan semakin besar, menurut penelitian terbaru dari St. Leonard’s Practice dan University of Exeter Medical School di Inggris.

Penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal ini dilakukan di sembilan negara. Hasilnya, 82 persen menyatakan ada hubungan positif antara periksa ke dokter yang sama terhadap peningkatan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini berlaku mulai dari dokter umum, dokter ahli/ spesialis, hingga psikiater.

Mengapa begitu? Dr. Denis Pereira Gray selaku salah satu peneliti sekaligus dosen di University of Exeter memaparkan bahwa ini semua karena adanya komunikasi yang terjalin terus-menerus antara dokter dan pasien. Tanpa sadar, komunikasi ini mampu membangun hubungan baik serta meningkatkan kepercayaan pasien dengan dokter yang menanganinya.

Di sisi lain, pasien juga akan merasa lebih nyaman untuk mengonsultasikan seluruh keluhan kesehatannya dengan dokter karena merasa sudah akrab dan percaya. Begitu pula dengan dokter yang telah lama menangani pasien tersebut, tentu akan lebih memahami riwayat dan seluk-beluk kondisi kesehatan pasiennya.

Bahkan kalau dokter tersebut memang sudah jadi langganan keluarga, dokter juga memahami kondisi kesehatan orangtua atau putra-putri Anda. Akhirnya, saran serta pengobatan yang diberikan pun bisa lebih optimal.

Singkatnya, adanya rasa nyaman dan saling percaya antara dokter dan pasien kemudian ikut menentukan keberhasilan proses pengobatan dan penyembuhan.

Mana yang lebih baik, hubungan baik dengan dokter atau alat medis yang canggih?

second opinion

Tidak dapat dipungkiri, teknologi berupa alat-alat kesehatan modern memang menyumbang peran penting dalam kerja dokter untuk mempercepat proses kesembuhan pasien. Namun, proses penyembuhan mungkin bisa jadi kurang optimal, atau bahkan cenderung lebih lambat bila tidak melibatkan faktor kepercayaan antara dokter dan pasien.

Dalam artian, kembali periksa ke dokter yang sama untuk mengecek kondisi kesehatan Anda merupakan salah satu kunci penting dalam menunjang kesehatan. Hal ini dijelaskan oleh dr. Marc Siegel, seorang dosen sekaligus spesialis penyakit dalam di NYU Langone Medical Center di New York, Amerika Serikat.

Lain halnya dengan pasien yang sering gonta-ganti dokter setiap kali berobat. Anda sebagai pasien harus selalu menjelaskan ulang keluhan riwayat penyakit serta keluhan yang Anda rasakan. Otomatis pemeriksaan pun harus dimulai dari sangat awal, karena dokter belum memahami betul bagaimana kondisi kesehatan Anda.

Jangan hanya menjalin hubungan baik dengan dokter

perawatan di rumah, home care

Sebenarnya menjalin komunikasi dan hubungan baik ini tidak cuma berlaku pada dokter yang menangani Anda, melainkan juga pada perawat, asisten dokter, bidan, apoteker, hingga resepsionis klinik atau rumah sakit langganan Anda. Pasalnya, semua kombinasi ini merupakan tim yang saling membantu untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kesehatan Anda.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengikuti semua saran dari dokter beserta timnya, yang akan membantu memandu proses penyembuhan Anda.

The post Periksa ke Dokter Langganan Keluarga, Rahasia Hidup Sehat yang Sering Disepelekan appeared first on Hello Sehat.

Original Article