Persiapan Sebelum Anak di Sunat

SehatFresh.com – Ada banyak orangtua yang mungkin bingung persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk anaknya menjelang sunat. Apalagi kalau sang ayah bekerja di luar kota sehingga sang ibu harus secara teliti dan paham bagaimana mempersiapkan anak sebelum sunat.

Langkah-langkah Menjelang Anak Sunat

Ada beberapa langkah menjelang anak akan disunat. Banyak anak yang justru ketakutan sehingga membuat orang tuanya panik. Pastikan Anda mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan sebelum menjelang sunat.

  • Konsultasi dengan Dokter

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Anda bisa bertanya sedetail-detailnya tentang metode khitan. Termasuk di dalamnya ialah kelebihan dan kekurangan metode tersebut sehingga lebih mudah untuk melakukan perawatan pada anaknya.

Kondisi kesehatan anak harus dipastikan sehat. Apabila anak mengidap hemofilia atau hipospadia, maka membutuhkan obat tertentu sehingga tidak mengganggu proses anak.

  • Kondisi Psikologi Anak yang Sehat

Pastikan anak memiliki kondisi psikologis yang sehat selama proses khitan. Pastikan orangtua lebih proaktif bisa membangun kesiapan untuk mental anak.

Orangtua bisa memotivasi dan membentuk mental anak supaya semakin berani dan tidak takut dalam menghadapi proses sunat. Anda juga bisa mencontohkan kisah-kisah sunat dari kakak, ayah atau saudaranya yang sakitnya memang hanya sementara saja.

Jangan sampai orangtua justru menakut-nakuti anaknya sehingga anaknya tidak berani sunat. Anaknya harus dipastikan mentalnya kuat dengan memberikan contoh nyata kepada yang sudah bersunat dan bisa sehat kembali.

  • Ajaklah Berlibur Anak Agar Hatinya Bahagia

Sebaiknya Anda mengajak anak Anda untuk berlibur sebelum hari-H sehingga anak semakin siap mental dan tidak cemas. Anda juga bisa menurtuti permintaan anak Anda agar merasa lebih diperhatikan dan hatinya pun bahagia. Bangunlah suasana yang baik dalam keluarga sehingga anak memiliki kesiapan mental untuk menghadapi proses sunatnya.

  • Persiapkan Kesehatan Fisik Anak

Ada baiknya orangtua selalu memastikan bahwa kondisi fisik anaknya dalam konsisi baik dan sehat. Bersihkan juga pada bagian kulup penis sehingga bisa mempermudah dokter dalam melakukan pemotongan. Pastikan anak Anda makan makana yang sehat dan tetap istirahat cukup.

  • Jangan Biarkan Anak Sendiri

Orangtua ialah support pertama bagi anaknya. Pastikan Anda memahami prosedur khitan dengan baik. Damping anak menjelang proses kitan, saat proses dan pasca kitan. Anak yang butuh suprot harus dilakukan secara penuh sehingga ikatan batin orangtua dan anak bisa semakin terbangun. Selain itu juga anak akan merasa lebih dihargai oleh orangtuanya karena memang didukung penuh.

Demikian informasi mengenai persiapan sebelum anak disunat. Anda harus memberikan dukungan terbaik bagi anak Anda agar bisa melewati proses sunat dengan lebih menyenangnkan. (MLS)

Original Article