Sering Gagal Saat Suntik Botox? Mungkin Ini Penyebabnya

Suntik botox adalah salah satu prosedur kecantikan yang dipercaya dapat membuat wajah terlihat awet muda kembali. Meski demikian, tampaknya tidak selalu berhasil efeknya pada tiap orang. Ada beberapa orang yang melakukan suntik botox gagal dan tidak mempan. Mengapa bisa tidak mempan? Mari simak penyebabnya di bawah ini.

Apa yang menyebabkan suntik botox gagal?

Hasil suntik botox gagal awalnya diduga semata-mata akibat kesalahan saat menyuntik, seperti tidak menggunakan teknik atau dosis yang benar.

Namun, tahukah Anda bahwa imun atau antibodi pasien sendiri yang sebenarnya menyebabkan suntik botox gagal? Ya, banyak orang melakukan suntik botox dan hasilnya tidak berhasil. Ini bisa terjadi akibat imun sudah kebal terhadap botox. Saat tidak berhasil, mereka malah terus menerus menambahkan dosis padahal hal ini hanya akan membuat tubuh semakin menolak suntikan tersebut.

Kondisi ini umumnya disebabkan karena tiap orang punya kekebalan imun yang berbeda-beda. Saat tubuh mulai disuntikan cairan botulinum toxin, sistem kekebalan imun akan mendeteksi itu sebagai zat asing yang akan membahayakan tubuh.

Maka, kekebalan tubuh akan melawan cairan suntik botox dan akhirnya efek suntik botox malah tidak mempan di tubuh. Imun yang kebal terhadap botox memang bisa terjadi pada satu hingga tiga persen pasien.

Sebenarnya, untuk meminimalkan risiko tersebut, pasien harus diberikan dosis serendah mungkin terlebih dahulu. Jika berhasil atau mendapatkan hasil yang diinginkan, pasien bisa diberikan dosis yang lebih banyak. Namun bagaimana pun juga, lama-lama tubuh Anda bisa mengalami resisten atau kebal terhadap suntik botox.

Perlu diingat bahwa keberhasilan suntikan botox pada kenyataannya sangat tergantung pada teknik suntikan, sediaan botox yang masih layak pakai, dan juga teknik penyimpanan sediaan botox yang baik.

Jika suntik botox gagal, silakan konsultasi ulang pada dokter Anda. Ada kemungkinan jika suntik botox gagal yang Anda alami ini disebabkan oleh resistensi botox. Anda pun tidak perlu bersedih, karena tandanya kekebalan tubuh Anda berfungsi baik akibat menghalang zat asing seperti cairan botulinum toxin tersebut.

Coba alternatif lain kalau suntik botox gagal

1. Suntik kolagen

Selain suntik botox, ada juga suntik kolagen yang bisa mengencangkan dan memudarkan garis halus di kulit. Cara ini menimbulkan efek semi permanen serta terbuat dari campuran kolagen dan mikrosfer PMMA.

Mikrosfer PMMA adalah zat yang tidak diserap oleh tubuh meskipun terbuat dari sapi atau kolagen sapi. Hasilnya, suntik kolagen ini bisa bertahan selama lima tahun dan biasanya digunakan juga untuk mengobati bekas jerawat.

2. Memotong otot wajah

Salah satu alternatif lain selain botox adalah dengan pembedahan. Prosedur ini disebut corrugator myectomy. Biasanya pembedahan ini bertujuan untuk menghilangkan garis kerutan vertikal yang muncul di antara alis.

Caranya dengan memotong otot yang menarik alis ke bawah, sehingga tidak dapat memunculkan garis-garis halus. Risikonya kadang bisa menyebabkan ekspresi wajah Anda berubah dan hasilnya tidak permanen.

The post Sering Gagal Saat Suntik Botox? Mungkin Ini Penyebabnya appeared first on Hello Sehat.

Original Article