Siapa Saja yang Boleh Melakukan CT Scan dan Seperti Apa Persiapannya?

Apakah Anda diminta dokter untuk melakukan pemeriksaan CT scan? CT (computed tomography) scan adalah pemeriksaan medis lanjutan yang biasanya dilakukan untuk membantu dokter mengetahui kondisi kesehatan pasien. Sebelum melakukan pemeriksaan medis ini, sebaiknya Anda ketahui beberapa hal yang harus disiapkan.

Apa itu pemeriksaan CT Scan?

CT scan adalah pemeriksaan medis yang menggunakan teknologi sinar X dan komputer sekaligus. Pemeriksaan ini membuat tim medis dapat melihat apa yang terjadi di dalam tubuh pasien. Bisa dibilang CT scan adalah alat yang digunakan untuk membaca kondisi tubuh seseorang. Pemeriksaan ini lebih jelas serta lebih rinci ketimbang pemeriksaan rontgen.

Dokter biasanya meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan CT scan untuk melihat:

  • Masalah pada tulang dan sendi. Prosedur pemeriksaan ini mampu mendeteksi adanya patah tulang atau tumor di tulang.
  • Mendeteksi tumor, penggumpalan darah, dan infeksi.
  • Jika Anda mengalami suatu kondisi kesehatan khusus seperti kanker, penyakit jantung, atau gangguan fungsi hati, maka dokter menggunakan pemeriksaan ini untuk melihat perkembangan penyakit yang Anda derita.

Persiapan sebelum menjalani prosedur pemeriksaan

Sebenarnya, Anda tak perlu mempersiapkan apa pun untuk melakukan pemeriksaan ini. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda sampaikan pada dokter Anda sebelum menjalani CT scan. Simak daftarnya di bawah ini.

  • Sedang hamil atau berencana untuk hamil dalam waktu dekat
  • Memiliki gangguan fungsi jantung, seperti gagal jantung
  • Menderita diabetes
  • Sedang mengonsumsi metformin
  • Memiliki asma
  • Mengalami gangguan fungsi ginjal

Sementara kalau Anda tak memiliki kondisi-kondisi tersebut, maka Anda tinggal datang saja ke rumah sakit ketika pemeriksaan Anda dijadwalkan. Sesaat sebelum pemeriksaan berlangsung, maka Anda akan diminta untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Melepas pakaian dan menggantinya dengan pakaian yang disediakan khusus dari rumah sakit.
  • Melepas perhiasan atau aksesoris yang dikenakan seperti jam tangan.
  • Tidak makan dan minum beberapa jam sebelum melakukan prosedur pemeriksaan ini.

Pemeriksaan ini hanya memakan waktu sekitar 30-60 menit, tergantung dengan bagian tubuh yang diperiksa.

tes medis diagnosis kanker usus besar

Apakah ada risiko melakukan pemeriksaan ini?

Sama seperti rontgen, CT scan menggunakan sinar X untuk membaca organ tubuh Anda. Jadi pemeriksaan ini memang sebaiknya tak dilakukan oleh ibu hamil maupun bayi. Pasalnya, sinar X dapat memengaruhi perkembangan serta pertumbuhan bayi dan janin.

Jika Anda sedang tidak hamil, pemeriksaan ini aman untuk dilakukan. Anda tak perlu khawatir dengan paparan sinar X yang Anda terima saat pemeriksaan dilakukan. Radiasi yang dikeluarkan sinar X tersebut sudah diatur dosisnya, sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa prosedur pemeriksaan ini meningkatkan risiko kanker dan bisa merusak DNA. Namun, risiko ini sangat kecil untuk terjadi, kemungkinannya hanya 1 banding 2.000 kasus. Jadi, CT scan masih dianggap sebagai pemeriksaan yang cukup aman dan dapat membantu dokter dalam mengevaluasi kondisi pasiennya.

Hanya, memang pada beberapa kasus, CT scan dapat menimbulkan alergi akibat suntikan obat yang diberikan sebelum melakukan pemeriksaan. Tetapi tenang saja, efek samping tersebut jarang terjadi. Bila Anda masih cemas untuk melakukan pemeriksaan ini, maka sebaiknya Anda diskusikan hal ini pada dokter yang menangani Anda.

The post Siapa Saja yang Boleh Melakukan CT Scan dan Seperti Apa Persiapannya? appeared first on Hello Sehat.

Original Article

Add Comment