Sudah Dewasa, Tapi Masih Terinfeksi Campak, Apa Penyebabnya?

SehatFresh.com – Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar “campak”. Campak merupakan penyakit yang cukup populer, sebab banyak yang mengatakan bahwa semua orang akan mengalami campak dalam hidupnya tak terkecuali anak-anak atau orang dewasa.

Penyakit campak adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus rubela. Campak bersifat menular, penularannya sendiri bisa melalui udara ataupun air liur penderita. Sehingga orang tua biasanya saat kita kecil menasehati agar tidak dekat-dekat dengan teman yang sedang terkena campak nanti bisa tertular. Tanpa kita sadari ternyata omongan orang tua kita benar bahwa campak bisa menular.

Pada awalnya, orang yang terkena campak akan mengalami gejala seperti demam, batuk, flu, mata berair, mudah sensitif terhadap paparan cahaya, dan tanda yang paling umum pada orang terkena campak adalah munculnya ruam pada kulit atau bintik-bintik merah.Virus rubela sendiri memiliki masa inkubasi selama 4-5 hari dari gejala awal. Lalu apa penyebab orang dewasa masih mengalami campak?

Ada berbagai alasan yang menyebabkan meski sudah dewasa tapi masih juga mengalami campak. Penyebabnya bisa jadi saat masih kecil ia tidak mendapatkan vaksin atau karena dia tidak mengalami campak saat masih kecil. Seperti yang diketahui bahwa campak akan menyerang seseorang sekali dalam hidupnya. Jika saat kecil tidak campak maka saat dewasa mereka baru akan mengalami campak.

Penyebab lain yaitu bisa jadi karena sistem kekebalan orang dewasa sedang lemah sehingga orang dewasa tersebut mengalami campak. Jika karena kekebalan tubuhnya yang lemah, maka campak tidak bisa di anggap remeh karena bisa menjadi berbahaya. Karena yang melemah sistem kekebalan tubuhnya maka harus ditingkatkan kembali sistem kekebalan tubuh orang dewasa tersebut.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi, banyak asupan cairan untuk tubuh atau anda bisa mendapatkan vitamin dengan cara berkonsultasi ke tenaga medis terlebih dahulu.

Saat campak menyerang sungguh menganggu kenyamanan anda. Agar ketidaknyamanan tersebut berkurang, anda bisa melakukan hal-hal seperti istirahat yang cukup, gunakan air hangat ketika mandi sehingga tubuh tetap bersih dan tidak gatal. Ada beberapa orang yang terkena campak sangat sensitif terhadap cahaya jadi sebaiknya hindari paparan cahaya secara langsung.

Itulah beberapa penjelasan penyebab dari orang dewasa masih terinfeksi campak. Karena semua orang bisa terserang campak maka sulit untuk dapat dihindari. Yang penting adalah menjaga kebersihan diri dan asupan nutrisi yang baik sehingga membantu proses penyembuhan campak. (DKA)

Original Article