Tips Agar Udara di Dalam Rumah Lebih Bersih dan Sehat

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika banyak penyakit yang diakibatkan karena kualitas udara yang buruk di dalam rumah. Selain debu dan asap kendaraan yang mengancam dari jalan, ada pula polutan yang berasal dari dalam rumah. Lantas bagaimana tips agar udara di dalam rumah bisa lebih bersih dan sehat?

Bersihkan perabotan yang ada di rumah secara berkala

Membersihkan perabotan rumah secara berkala khususnya yang ada di dapur dan kamar mandi, rupanya bisa membuat udara di dalam rumah menjadi lebih sehat. Pasalnya debu yang datang dari luar rumah akan hinggap di perabotan-perabotan tersebut.

Area rumah lainnya yang juga banyak dihinggapi debu adalah bagian eternit. Debu dari luar akan masuk ke rumah melalui celah genteng, sekaligus bersemayam di atas eternit. Alhasil bersihkanlah secara berkala perabotan dan bagian rumah lainnya, agar udara yang kotor tidak mengganggu kesehatan.

Hindari aktivitas merokok di dalam rumah

Tidak dipungkiri jika sebagian besar penyakit paru yang diderita masyarakat diakibatkan karena aktivitas merokok. Perokok pasif atau pun aktif bisa sama-sama mendapat dampat negatif pada kesehatan. Jika kebiasaan merokok di rumah masih sulit dihentikan, maka dampaknya bisa berpengaruh pada anak-anak. Disarankan bagi salah satu anggota keluarga yang memiliki aktivitas merokok, sebaiknya dilakukan di luar rumah.

Kurangi pemakaian bahan-bahan kimia di rumah

Anggota keluarga dianjurkan untuk mengontrol penggunaan cairan pembersih kaca, cairan pel, detergen pakaian, pemutih pakaian, pewangi pakaian, pewangi ruangan, dan bahan-bahan yang mengandung kimia lainnya.

Keluarga jika ingin udara di rumah lebih sehat, maka bersihkanlah rumah dengan membuang debu atau kotoran yang ada. Menggunakan pewangi ruangan hanya akan memberikan efek sementara, namun tidak efektif untuk menciptakan suasana yang segar.

Merawat kebersihan hewan peliharaan

Bagi anggota keluarga yang gemar memelihara hewan seperti anjing, kucing, burung, hamster, atau reptil maka perlu memperhatikan kebersihannya. Perawatan yang tidak teratur dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga mengganggu kesehatan di rumah.

Mengganti sarung bantang, guling, dan sprei tempat tidur

Anggota keluarga harus rajin mengganti sarung bantal, guling, dan sprei untuk menghindari bau yang tidak sedap. Kotoran atau debu yang menempel bisa menyebabkan gangguan pernafasan, khususnya bagi anggota keluarga yang alergi.

Perhatikan ventilasi udara

Ventilasi yang baik sangat diperlukan di dalam rumah untuk mengatur keluar masuknya udara. Pastikan bahwa cendela atau pintu dalam keadaan baik. Pasalnya keluar masuknya udara, lebih besar akan melalui kedua bagian rumah tersebut.

Bersihkan tembok rumah dari serangan jamur

Periksa setiap bagian tembok rumah, khususnya yang lembab atau kurang terkena paparan cahaya. Jika terdapat jamur yang menempel di tembok, maka segeralah untuk dibersihkan. Gunakan cat tembok yang memang diproduksi untuk mengatasi jamur. (APY)

Original Article