Tips Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

SehatFresh.com – Ketika seseorang mengalami mata bengkak tentu saja ini akan membuatnya menjadi tidak nyaman. Mengapa sehabis menangis mata menjadi bengkak? Karena pada saat kita menangis akan terjadi peningkatan aliran darah di area wajah sehingga memicu terjadinya pembengkakan di kulit bawah mata. Atau bisa juga dikarenakan cairan mata yang mengandung garam bisa menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis akan membesar.

Berikut beberapa tips menghilangkan mata bengkak setelah menangis:

  1. Kompres Mata dengan Air Dingin

Air dingin bisa membantu mengurangi mata sembab tanpa menyebabkan efek samping. Selain itu air dingin bisa membuat mata bengkak akan mereda secara alami tanpa menyebabkan bekas. Caranya yaitu:

  • Cuci bersih wajah Anda kemudian keringkan dengan handuk yang lembut. Hindari menggosok dan menekan pada bagian mata.
  • Bungkuslah beberapa buah es batu pada kantung es atau kain yang lembut.
  • Pejamkan mata dan tempatkan kantung es ini pada bagian mata Anda secara lembut. Ingat jangan menekan mata tapi letakkan saja perlahan.
  • Biarkan selama beberapa menit dan sesekali angkat kemudian kedipkan beberapa kali sehingga mata Anda tidak terlalu kaku.
  • Lakukan perawatan ini selama beberapa kali hingga mata menjadi lebih nyaman.
  1. Kompres Mata dengan Timun

Timun adalah buah yang memang sangat efektif untuk masalah kesehatan terutama pada mata, kandungan astringent di dalamnya mampu mengurangi mata bengkak.
Caranya yaitu belahlah timun berbentuk bulat tipis, kemudian tempelkan pada area mata saat hendak tidur.

  1. Kompres Mata dengan Sendok Dingin

Pilih sendok yang ukurannya pas dengan mata. Dinginkan sekitar dua menit dengan menyimpannya di dalam lemari pembeku selama dua menit atau di dalam lemari es selama 5 – 10 menit. Taruh sendok di atas mata dengan sedikit menekannya. Biarkan sendok berada di atas mata sampai tidak terasa dingin lagi.

  1. Kompres dengan Kentang

Kentang mengandung zat pati dengan sifat seperti enzim yang ditemukan pada buah mentimun. Pati ini akan bekerja untuk mengurangi iritasi dan bengkak pada bagian mata. Bahkan kentang juga sangat baik untuk menghilangkan bekas mata kehitaman dan kurang nyaman. Berikut cara untuk menghilangkan mata bengkak dengan kentang:

  • Cuci bersih kentang yang masih segar kemudian hancurkan dengan serutan.
  • Masukkan kentang ke dalam kantung kain yang tipis dan bersih.
  • Letakkan kantung yang berisi kentang ini ke bagian mata selama beberapa menit.
  • Lakukan perawatan selama beberapa kali hingga kantung mata dan mata sembab mulai pulih.
  1. Kompres dengan Kantung Teh

Teh merupakan olahan dari daun tanaman yang memiliki kandungan bernama tanin. Tanin ini dapat bermanfaat untuk membentuk kepadatan serta kelenturan sehingga mampu mengatasi mata bengkak. Caranya yaitu gunakan kantung teh celup bekas dan hangatkan kembali, lalu kompreslah pada mata selama lebih kurang 15 menit. (KKM)

Original Article