Tips Sehat Minum Teh Jika Anda Mengidap Diabetes

Meskipun Anda memiliki diabetes, Anda masih bisa menikmati teh setiap pagi atau sore hari. Kabar baiknya, teh justru bagus bagi pasien diabetes karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur metabolisme gula darah Anda menjadi lebih baik. Lantas, seperti apa teh sehat untuk diabetes? Ini petunjuknya.

Teh hijau ternyata bisa menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes

Ketika diabetes menghampiri hidup Anda, rasanya Anda akan disibukkan tentang cara bagaimana menjaga kadar gula darah harus tetap normal. Meskipun ini kewajiban, jangan buat hal ini jadi sebuah tugas berat yang membebani hari-hari Anda.

Ada satu cara mudah menyenangkan yang bisa membantu Anda mengelola gula darah Anda tetap dalam batas aman, yaitu dengan minum teh.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di Diabetes and Metabolism Journal pada tahun 2013, seseorang yang minum enam cangkir teh hijau dalam sehari memiliki 33 persen lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes tipe 2 dibandingkan seseorang yang minum kurang dari secangkir teh hijau dalam seminggu, penelitian ini dilakukan di Jepang.

Menurut Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung dan kepala kesehatan jantung wanita di rumah sakit Lenox Hill di New York City, melalui reaksi suatu biokimia, teh, terutama teh hijau membantu suatu sel menjadi lebih sensitif, sehingga lebih mampu memetabolisme gula menjadi lebih baik. Teh hijau dianggap baik untuk diabetesi karena membantu sistem metabolisme berfungsi lebih baik.

Tidak hanya itu, teh mengandung suatu zat yang disebut polifenol, zat ini merupakan antioksidan yang ditemukan pada setiap tanaman. Polifenol ini mampu membantu mengurangi stres oksidatif, yaitu keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Ketika stres oksidatif terjadi cukup tinggi, akibatnya intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak. Polifenol membantu melawan kerusakan ini. Polifenol juga menyebabkan vasodilatasi (pelebaran arteri), yang bisa menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, dan mengurangi kolesterol.

Teh juga mengurangi risiko penyakit jantung yang meningkat pada pasien diabetes. Polifenol yang banyak terkandung dalam teh hijau ini dapat membantu mengatur glukosa dalam tubuh, dan membantu mengendalikan diabetes.

Seperti apa teh yang sehat untuk diabetes?

Pastikah Anda memilih teh hijau, bukan teh herbal, atau teh hitam. Mengapa harus teh hijau? Karena teh ini mengandung polifenol yang paling tinggi dibandingkan dengan teh hitam, atau teh lainnya.

Teh hijau memiliki kadar polifenol yang lebih tinggi karena terbuat dari daun teh yang tidak difermentasikan berbeda dengan teh hitam yang daun tehnya harus melalui proses fermentasi. Menurut sebuah penelitian, teh hijau mampu menurunkan tingkat kadar gula darah pada pasien diabetes.

Jangan tambahkan susu ke dalam teh Anda. Jika ingin tambahkan gula, pastikan Anda gunakan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah.

Anda bisa memilih teh dalam bentuk kantung teh, teh tubruk, atau teh bubuk. Namun, jika Anda bertanya, ‘bentuk’ teh mana yang paling baik, jawabannya adalah teh tubruk. Jadi, tidak usah khawatir, Anda masih bisa tetap meneruskan hobi ngeteh meskipun Anda memiliki diabetes, dengan catatan, Anda tahu seperti apa teh sehat untuk diabetes.

The post Tips Sehat Minum Teh Jika Anda Mengidap Diabetes appeared first on Hello Sehat.

Original Article